Business Plan


Salah satu persoalan di dalam membangun ekonomi Indonesia adalah kurangnya jumlah wirausahawan. Idealnya jumlah wirausahawan dalam satu negara mendekati 10%, sedangkan di Indonesia angkanya masih dibawah 2%. Oleh karena itu, untuk mempertahankan laju pertumbuhan ekonomi diperlukan partisipasi dari masyarakat untuk menjadi wirausahawan-wirausahawan baru. Hadirnya wirausahawan baru diharapkan muncul dari kalangan generasi muda yang masih memiliki energi dan semangat yang tinggi dalam mewujudkan keinginan dan cita-citanya.

 

Buku ini bertujuan memberikan pedoman praktis bagaimana menyusun suatu rencana bisnis khususnya rencana bisnis yang baru akan dimulai. Dengan membaca buku ini dapat diketahui dan dipahami dengan sederhana bagaimana logika dan alur berfikir ketika seorang wirausahawan baru harus menetapkan rencana bisnisnya. Dengan adanya rencana diharapkan segala kemajuan atau kekurangan di bisnis baru yang dijalankan dapat segera diketahui sehingga tindakan koreksi atau perbaikan dapat segera dilakukan. Selain itu, rencana bisnis yang terdokumentasi dan terstruktur dengan baik, dapat menjadi media komunikasi dengan calon mitra bisnis, jika mereka ingin mengetahui gagasan yang menyeluruh mengenai bisnis yang akan atau sedang dijalankan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *